Mau Tahu Beda SEM, SEO, PPC dan SMO?

12 Alasan Beriklan Dengan Google Adwords - Oasis Me
12 Alasan Mengapa Anda Harus Beriklan di Google Adwords
January 15, 2016
Show all

Mau Tahu Beda SEM, SEO, PPC dan SMO?

Apa beda SEM, SEO, PPC, dan SMO?

Artikel ini dibuat oleh Oasis Me agar klien lebih mudah memahami perbedaan istilah-istilah yang sering dipakai di dunia internet marketing seperti SEM, SEO, PPC, dan SMO. Dengan membaca artikel ini diharapkan dapat meminimalisir kesalahan memilih strategi bisnis yang tepat. Mari kita simak perbedaan masing-masing istilah tersebut.

SEM (Search Engine Marketing)

SEM adalah teknik marketing yang dirancang untuk meningkatkan visibilitas website di Google dan mesin pencari lainnya seperti Yahoo!, Bing, Baidu, dll. SEM terdiri dari:

  • SEO (Search Engine Optimization)
  • PPC (Pay Per Click) Advertising – Google Adwords, Yahoo Advertising, Bing Ads

Detail SEO dan PPC

SEO (Search Engine Optimization)

SEO adalah teknik yang digunakan agar suatu website menjadi lebih bersahabat dengan mesin pencari. Tujuan SEO adalah mendapatkan posisi website yang bagus secara natural ketika seseorang mengetikkan kata kunci yang berkaitan dengan website klien.

Yang termasuk SEO adalah hasil posisi di mesin pencari yang tidak berbayar, alias organic atau natural. SEO tidak termasuk dalam PPC. Posisi terbaik dalam mesin pencari adalah #1 pada halaman pertama hasil pencarian Google / Yahoo / Bing / Baidu / dll. “Biasanya” jika nomor satu di Google, akan otomatis nomor satu di Yahoo, Bing, Baidu, dll pula.

Posisi website yang bagus ketika seseorang mengetik kata kunci akan meningkatkan kemungkinan orang berkunjung ke website tersebut. Ketika pengujung mengklik dan mengunjungi website dari hasil pencarian natural, kemungkinan besar pengunjung itu tertarik dengan jasa / bisnis / blog / apapun yang disediakan oleh website tersebut.

Kelebihan SEO: Klien tidak perlu membayar sepeser pun untuk mendapatkan kunjungan (tentu saja diluar biaya konsultan)

SEO berkaitan dengan tingkat kepuasan pengunjung. Pada umumnya, pengunjung menyukai website yang mudah dimengerti dan navigasinya jelas. Pengunjung juga ingin membaca tulisan yang berkaitan dengan pencarian mereka dan mudah dimengerti. Pengunjung seringkali tidak ingin pusing dan lama-lama ketika mencari informasi.

Ketika pengunjung sudah berada di website klien, langkah selanjutnya yang dicari oleh pengunjung adalah: Satu, ingin mendapat informasi. Dua, ingin membeli. Jadi website harus jelas fungsinya, jangan sampai membingungkan pengunjung.

Google dan mesin pencari lainnya INGIN hal yang sama seperti pengujung tadi.

Link building (membangun tautan)

Salah satu hal yang berkaitan erat dengan SEO adalah link building. Mesin pencari sangat menyukai website yang memiliki banyak tautan yang berkaitan, baik dalam website atau antar website. Ada banyak teknik untuk membangun tautan dan membangun tautan tidak boleh sembarangan, maka dari itu hadirlah Oasis Me dengan jasa SEO-nya. Klik disini untuk konsultasi GRATIS.

SMO (Social Media Optimization)

Hadirnya social media seperti Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, dll ikut semakin membuat kompetisi membangun tautan semakin cepat. Banyak pengunjung yang apabila menyukai suatu artikel / website akan membagikan artikel tersebut di media sosial mereka, dan hal ini terus berulang sehingga terbuatlah ribuan tautan. Jadi, pastikan website Anda memiliki tombol “Share” atau “bagikan” agar pengunjung mudah membagikan isi website Anda pada sosial media mereka.

Email Marketing (marketing melalui e-mail)

Apakah pernah mengunjungi suatu website dan diminta untuk memasukkan e-mail? Itu adalah contoh email marketing. Biasanya setelah memasukkan e-mail, akan dikirimi promo atau berita yang berkaitan dengan produk / jasa dari website tersebut. Ada teknik agar daftar email dan pelanggan potensial Anda semakin bertambah besar, jika tertarik hubungi Oasis Me sekarang!

PPC (Pay Per Click) Advertising

Sesuai dengan terjemahannya PPC adalah iklan dengan sistem bayar per klik. Jenis PPC yang terkenal dan banyak digunakan adalah Google Adwords, Yahoo Advertising, Bing Ads, dan Facebook Ads.

Sangat mudah melihat iklan berbayar ini di hasil pencarian, biasanya diberi warna latar belakang yang berbeda dan muncul di atas hasil pencarian natural dan di sebelah kanan / kiri hasil pencarian. Selain itu biasanya diberi label “Ads” atau “Iklan”. Iklan juga bisa muncul di Youtube, dan website sejenis yang telah tergabung dalam jaringan Google.

PPC tidak membutuhkan biaya untuk ditampilkan, PPC hanya dibayar ketika ada seseorang yang mengklik iklan yang ditampilkan. PPC tidak perlu dibayar dari jumlah tayang.

CPM (Cost per thousand Impression) Advertising

Pada dasarnya CPM mirip seperti PPC, termasuk dalam kelompok iklan berbayar. Iklan CPM adalah salah satu jenis iklan yang ditawarkan oleh Google Adwords, dimana pengiklan harus membayar per 1000 tampilan iklan. Pengiklan tidak perlu membayar ketika iklan tersebut diklik.

Jenis Iklan Berbayar – Google Adwords

  • Iklan mesin pencari (search). Iklan ini berupa teks.
  • Iklan video dan gambar (display network). Iklan ini berupa gambar, logo, dan video.

Keuntungan beriklan Google Adwords adalah mudah dan cepat untuk mempromosikan website di halaman pertama pencarian Google. Tertarik menggunakan jasa Google Adwords? Kontak Oasis Me sekarang juga!

Mengapa Oasis Me?  Sederhana, Oasis Me adalah Google Partner resmi bersertifikat, pertama kali di Jawa Timur.

Google Partner Badge Oasis Me

Klik untuk lihat profil kami di Google

komentar

Comments are closed.